Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 12-13 Maret 2020 di Ruang Guru SMKN 6 Yogyakarta. Pembelajaran pada saat ini mulai banyak dikembangkan adalah metode pembelajaran berbasis TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi). Hal ini terjadi karena sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tuntutan dalam dunia pendidikan agar pembelajaran semakin maju, lebih efisien dan efektif sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
TIK erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi untuk mengoptimalkan tujuan pembelajaran. Adalah hal yang menarik dan lebih bermanfaat daripada hanya sekedar belajar mendengarkan penjelasan dari guru (teacher center) bila konsep pembelajaran dengan TIK diaplikasikan sesuai dengan fungsionalitasnya.
Harapan dari sebuah pembelajaran adalah aktivitas yang membuat peserta didik memiliki pengetahuan atau bahkan membangun sendiri pengetahuannya melalui sumber-sumber ilmu yang sangat beraneka ragam. Media TIK yang dipelajari dalam kegiatan ini membuat media pembelajaran membuat flipbook dan prezi dimana media ini memiliki beberapa keuntungan terkait dengan guru bisa membuat media pembelajaran selain PPT, guru bisa membuat bahan ajar, serta guru bisa meningkatkan kompetensinya dalam membuat berbagai media pembelajaran.