PAKET KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN

A. Visi Program Keahlian AKOMODASI PERHOTELAN
Menjadi Program Keahlian yang unggul, menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berwawasan lingkungan dan berjiwa entrepreneur serta kompetitif di dunia kerja
B. Misi Program Keahlian AKOMODASI PERHOTELAN
1. Menyiapkan SDM yang: PRODUKTIF (Profesional, Ramah Lingkungan, Orientasi ke Depan, Dedikasi Tinggi, Unggul, Kreatif, Tangguh, Inovatif)
2. Menciptakan suasana yang : BERIMAN (Bersih, Empati, Rukun, Indah, Menyenangkan, Aman, Nyaman)
Perhotelan
Tujuan
Paket keahlian AKOMODASI PERHOTELAN bertujuan menyiapkan lulusan yang memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam bidang kompetensi Housekeeping (Tata Graha), Front Office (Kantor Depan), dan Binatu (Laundry). Paket Keahlian AKOMODASI PERHOTELAN menyiapkan tenaga ahli menengah yang terampil dalam :
• Melaksanakan pekerjaan dilingkup Front Office sebagai Reception, Reservation, Telephone Operator, Porter, dan Valet Butler.
• Melaksanakan pekerjaan dilingkup Housekeeping sebagai Public Area Attendant, Order Taker, Linen and Uniform Attendant, dan Laundry Attendant
• Melaksanakan pekerjaan di lingkup Food and Beverage Service sebagai Waiter atau Waitress.

Prestasi
1. Tahun Pelajaran 2011-2012 :
• Juara I LKS tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta Bidang Lomba Akomodasi Perhotelan atas nama Nur Avni Hanafi
• Juara II LKS tingkat Nasional Bidang Lomba Akomodasi Perhotelan atas nama Nur Avni Hanafi
2. Tahun Pelajaran2012-2013 :
• Juara I LKS Tk Prop DIY Bidang Lomba Akomodasi Perhotelan atas nama Ikhlasul Nur A’ini
3. TahunPelajaran2013-2014 :
• Juara II LKS Tk Prop DIY Bidang Lomba Akomodasi Perhotelan atas nama Dwi Jati Kodratin R.
• Juara II LKS Tk Nasional Bidang Lomba Akomodasi Perhotelan atas nama Ikhlasul Nur A’ini.
Program Unggulan
Akomodasi Perhotelan (AP) dibuka pada tahun 2006. Orientasi Peminatan Akomodasi Perhotelan adalah mampu menciptakan sumber daya manusia yang mahir dibidang Perhotelan, khususnya Room Division seperti Front Office, Housekeeping dan Food and Beverage service. Dengan orientasi ini maka pembelajaran yang dilakukan adalah praktek langsung kegiatan hotel di edOTEL Kenari SMKN 6 Yogyakarta dengan menyamakan standar operasional di dunia industri Perhotelan. Selain itu guna menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) alumni Akomodasi Perhotelan dibekali dengan Sertifikat Kompetensi baik bidang Housekeeping maupun Front Office. Pelaksanaan Uji kompetensi dilaksanakan sesuai peraturan Menteri Pendidikan bekerjasama dengan LSP (Lembaga Sertfikasi Profesi) Hotel dan Restaurant. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan siswa yang kompeten pada bidang kerja sesuai standar Perhotelan.